Buah Mundu asal Jawa

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah Mundu asal Jawa
buah mundu

TANAMAN-LANGKA- Banyak orang yang tidak tahu bentuk buah mundu ini. Buah yang nama latinnya Garcinia dulcis merupakan buah langka yang jarang ditemukan. Buah ini berasal dari Jawa Kalimantan. Buah ini masih keluarganya buah manggis. Daerah Minahasa menyebut buah ini dengan sebutan Mamundung. Buah ini tumbuh di hutan tropis basah yang tanahnya humus dan berada di dataran rendah. Tinggi buah ini dapat tumbuh bila tanah humus. Pohon mundung ketinggiannya mencapai 15 meter. Batang pendek, kulit pohon berwarna coklat, ada getah pada batangnya, rantingnya bentuk kotak dan halus, daun bentuk bulat telur. Bunga jantan memilki lebar 5 cm. Bunga betina memiliki lebar 11 cm. Buah ini berwarna kuning berbentuk oval. Rasa buahnya seperti mangga ada asam manis. Buah ini tersebar di pulau Jaw, maka biasanya menyebut dengan Buah Mundu Asal Jawa.


Buah ini dapat dimakan langsung buahnya dan bisa untuk campuran makanan seperti bahan pembuatan jelly dan selai. Bijinya dapat bermanfaat untuk mengobati pembengkakan, penyakit gondok, rasa yang asam itu mengandung vitamin C sehingga dapat mengobati sariawan. Sedang buahnya dapat mengobati penyakit gangguan pada empedu. Pucuk daunnya dapat mengobati diare. Sungguh unik buah mundu ini selain rasanya yang asam tetapi memilki manfaat begitu hebat dapat mengobati penyakit gangguan empedu. 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

1 Response to "Buah Mundu asal Jawa"

  1. We are tugging on those tethers trying to keep us from my goal. canada mortgage calculator It also calculates your mortgage default insurance premiums and land transfer tax. canadian mortgage calculator

    BalasHapus