Buah Mundu dan Manfaatnya Untuk Anda

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah Mundu dan Manfaatnya Untuk Anda
biji buah mundu

TANAMAN-LANGKA- Buah mundu dan manfaatnya memiliki nama latinnya Garcinia dulcis merupakan buah langka, jarang ditemukan. Buah Mundu berasal dari Jawa Kalimantan. Buah mundu masih sesaudara dengan buah manggis. Daerah Minahasa menyebut nya dengan sebutan Mamundung. Buah ini tumbuh di hutan tropis basah, tanahnya humus dan berada di dataran rendah maupun tinggi.

Tumbuhnya harus di tanah humus. Pohon mundu ini memiliki ketinggiannya mencapai 15 meter. Batang pendek, kulit pohon berwarna coklat, ada getah pada batangnya. Rantingnya bentuk kotak dan halus, daun bentuk bulat telur. Bunga jantan memilki lebar 5 cm. Bunga betina memiliki lebar 11 cm. Buah ini berwarna kuning berbentuk oval. Rasa buahnya seperti mangga ada asam manis. Buah mundu dan manfaatnya ini tersebar di pulau Jawa. Oleh karena itu, buah ini sudah dikenal nenek moyang kita. Namun sekarang sudah jarang ditemukan.

Buah mundu dapat dimakan langsung buahnya atau untuk campuran makanan lainnya. Bijinya dapat bermanfaat untuk mengobati pembengkakan, penyakit gondok. Rasa yang asam itu mengandung vitamin C sehingga dapat mengobati sariawan. Buah mundu dan manfaatnya dapat mengobati penyakit gangguan empedu. Pucuk daunnya dapat mengobati diare. Memang menakjubkan buah mundu ini. Maka perlu kita mengenalnya agar buah ini tidak punah dari habitatnya, bisa meihatnya lagi.


ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Buah Mundu dan Manfaatnya Untuk Anda"

Posting Komentar