Ciri Buah Cempedak Eksotisnya Indonesia

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ciri Buah Cempedak Eksotisnya Indonesia

TANAMAN-LANGKA- Cempedak merupakan buah Indonesia  dikenal oleh masyarakat Kalimantan. Ciri buah cempedak sekilas dilihat dari penampilan dan rasa buah ini mirip buah nangka, wajar karena cempedak masih berkerabat dengan nangka. Aroma cempedak pekat sedap seperti buah durian. Cempedak dikenal sebagai campadak atau cempeda. Beberapa daerah di Indonesia, memiliki nama lokal seperti nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau), tiwadak (Banjar). Bahasa Inggris, cempedak dikenal sebagai Chempedak atau Champedak. Nama cempedak inilah menyebutnya berbeda dalam setiap daerah.

Ciri buah cempedak termasuk dari Moraceae dan memiliki nama latin  Artocarpus champeden. Berasal dari Asia Tenggara, menyebar ke Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, khirnya sampai ke wilayah Indonesia seperti di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Jawa hanya disekitar wilayah barat.

Ciri buah cempedak ini memiliki bentuk buah yang silindris dengan warna coklat kekuning-kuningan atau berwarna agak kemerah coklatan. Ciri lainnya dari buah ini, kulitnya berduri kecil tapi relatif halus dengan memiliki panjang buah sekitar 20-35 cm dengan diameter 10-20 cm dan memiliki berat dengan rata-rata 3-4 kg. Memiliki daging buah yang lunak, mudah hancur, tipis, berwarna kuning gading agak kemerahan dan kaya akan serat. Rasanya sangat manis dengan aromanya harum seperti durian atau mangga.

Kami suka menanam tanaman buah untuk mereview hasil tanamannya sumber bibit tanaman buah yang berkualitas kami di beli di kebunbibitbuah.com 

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Ciri Buah Cempedak Eksotisnya Indonesia"

Posting Komentar