Takjubnya Buah Gandaria dan Keterangannya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Takjubnya Buah Gandaria dan Keterangannya

TANAMAN-LANGKA- Buah Gandaria dan KeterangannyaBuah gandaria, buah asli dari Jawa Barat dan banyak tumbuh disana. Buah gandaria memilki unsur mirip mangga tapi kecil saat masih tumbuh di pohon. Jika sudah dibuka buahnya, isinya mirip seperti sawo. Memiliki bji kecil, rasanya asam manis. Jika matang berwarna kuning keorangean. Gandaria bisa dikonsumsi baru dipetik dari pohonnya. Bisa diolah menjadi sirup, dijadikan manisan. Pohon gandaria atau Bouea macrophylla dalam berbagai daerah disebutnya berbeda-berbeda seperti gandaria (Jawa), jatake gandaria orang (Sunda), Remieu (Gayo), Barania (Dayak), dandoriah (Minangkabau) dan lain-lain.

Buah gandaria dan keterangannya memiliki kandungan vitamin C. Berfungsi mengobati sariawan, maag, atupun utuk menetralisir racun dalam tubuh. Memanfaatkan buah ini dapat digunakan dengan mengejus buahnya yang sudah matang, minuman penyegar tenggorokan. Gandaria pun  digunakan untuk meyembuhkan peyakit yang mengganggu kesehatan seperti sakit tenggorokan.


Buah gandaria dapat dimanfaatkan mulai dari atas hingga bawah berawal dari akar hingga ke atasnya seperti daun, bunga, dan buah. Dapat dimanfaatkan buah, bunga, daun untuk menyembuhkan penyakit. Akar dan batangnya dibuat bahan bangunan atau papan berteduh. Buahnya menjadi campuran rujak, rasanya asam. Buah Gandaria dan keterangannya yang masih muda pun dijamu menjadi rujak Kanistren  dipergunakan dalam upacara Tebus Wetengan  saat wanita sunda hamil 7 bulan. 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Takjubnya Buah Gandaria dan Keterangannya"

Posting Komentar