Buah Buni Kebanggaan Bali

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah Buni Kebanggaan Bali
Buah buni

TANAMANLANGKA- Buah Buni Bali masih jarang terdengar. Buah Buni, buah berasal dari provinsi Bali. Tumbuhan ini dulunya tumbuh di sekitar hutan dan pedesaan daerah Bali. Namun sekarang jarang ditemukan lagi, karena kepunahan ataupun faktor masyarakat yang menjadikan hutan sebagai rumah penduduk. Tidak heran jika buah ini tidak terkenal di kalangan pedagang buah pada umumnya seperti buah apel, anggur dan lain-lain karena buah buni jarang diperjualbelikan. Buah buni rasanya asam tapi manis dilidah, ukurannya kecil seperti buah kopi, berwarna ungu kehitaman jika sudah matang dapat dimakan secara langsung, dijadikan jus, atau dijadikan jamu, menjadi campuran rujak.

Tidak hanya buahnya, bahkan daun dan kulit pohonnya pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, bahan campuran makanan dan minuman seperti jamu. Buah buni  bali banyak ditemukan di daerah sekitar  Asia Tenggara dan Australia.  Di Indonesia pohonnya dapat ditemukan di daerah sekitar hutan jawa dengan tingginya mencapai sekitar 15-30 m. Buni merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dan Australia Utara, anggota famili Phyllanthaceae.


Buah buni bali dapat dibudidayakan jika ada petani kreatif menanamnya. Buah ini terbilang langka hanya ada di Bali. Agar cucu moyang orang Bali tetap mengenal buah buni maka harus dilestarikan dan dibahas. Buah buni ini pun dapat dijadikan jamu tradisonalnya orang Bali. 
Buah Buni Kebanggaan Bali
Buah Buni Siap Panen

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Buah Buni Kebanggaan Bali"

Posting Komentar