Ungunya Buah Jamblang Duwet

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Ungunya Buah Jamblang Duwet
Buah Jamblang

TANAMAN-LANGKA- Masa kecil saya yang kelahiran era 90-an masih merasakan namanya buah ini jamblang duwet. Dalam nama Indonesia asli buah ini disebut buah jamblang duwet. Dalam daerah saya Jawa Timur buah ini disebut juwet atau duwet. Madura menyebutkan buah ini dengan sebutan jiwat. Buah jamblang jenis duwet ini termasuk kelompok suku jambu-jambuan.

Buah nya berwarna ungu kehitaman jika sudah masak. Jika masih muda berwarna hijau. Buah nya berbentuk oval panjang, hidup buah nya bergerombol dalam satu tangkai, rasa nya sepat asam manis. Buah nya yang rasa sepat asam manis ini mempunyai banyak khasit untuk berbagai penyakit. Jangan meremehkan buah ini, meskipun rasa nya tidak sedap tetapi kaya manfaat. Tumbuh nya juga masih ada di daerah pedesaan. Sejumlah 3 dari 5 tumbuhan buah jamblang duwet masih bisa tumbuh. Buah jamblang jenis duwet memiliki daging buah nya yang dapat dimakan langsung ataupun dijus untuk minuman.


Buah jamblang jenis duwet ini termasuk tanaman obat karena terdapat khasiat yang terpendam di dalamnya. Khasiat nya selain untuk kesehatan juga bisa untuk kecantikan. Manfaat untuk kesehatan yaitu dapat menjernihkan pandangan mata, penawar racun pada hati, mengobati diabetes, diare, epilepsi. Manfaat buah jamblang duwet untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat, penuaan dini, kulit kencang. 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Ungunya Buah Jamblang Duwet"

Posting Komentar