Buah Gowok Atau Kupa Mirip Anggur

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah Gowok Atau Kupa Mirip Anggur
Buah gogok

TANAMAN-LANGKA- Buah gowok atau kupa adalah nama buah yang asli dari Indonesia. Dengan bentuknya yang unik mirip anggur. Buah gowok ini merupakan buah langka yang sulit kita temui. Buah kupa kalah saing dengan anggur yang merupakan buah import.  Buah ini berasal dari Jawa dan Kalimantan, terutama tumbuh pada hutan kering ataupun perkebunan rumah warga.

Buah gowok atau kupa merupakan jenis buah dari keluarga jambu. Tetapi dilihat dari fisiknya buah gowok ini begitu mirip dengan anggur. Dikatakan mirip anggur karena buah kupa jenis ini, buah nya bergerombol dalam satu tangkai. Warnanya ungu kehitaman mirip anggur hitam. Bentuknya bulat gepeng. Rasanya manis keasaman. Rasa asam ini yang dapat dimanfaatkan orang untuk menyembuhkan penyakit diare dan bisa untuk campuran rujak. Buah gowok dapat mengobati maag, gatal-gatal pada kulit bahkan penyakit kudis sekalipun.  Selain itu dapat menetralkan racun karena alkohol bagi pemabuk alkohol berat. Karena Jawa terkenal dengan obat meracik sendiri, jadi orang Jawa memanfaatkan tanaman yang tumbuh sekitar lingkungan untuk sumber kesembuhan.


Buah gowok atau kupa ini termasuk tanaman liar yang mudah tumbuh dengan bebas pada tempat yang kering. Buah gowok ini dapat dibudidayakan dengan menanam tanaman kupa ini di sekitar pekarangan rumah dan kebun atau lahan pertanian. 
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Buah Gowok Atau Kupa Mirip Anggur"

Posting Komentar