Buah Menteng dan Keterangannya Secara Praktis

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Buah Menteng dan Keterangannya Secara Praktis
Buah Menteng

TANAMAN-LANGKA- Buah Menteng dan KeterangannyaBuah menteng, bahasa ilmiahnya disebut Baccaurea racemosa. Buah ini warna dan bentuknya hampir persis duku. Rasanya asam manis masam. Buah ini berasal dari daerah Menteng. Daerah lain, buah ini macam-macam julukannya seperti buah kepundung, kemundung dan lain-lain. Pohonnya memiliki ketinggian mencapai 17-27 meter, diameter 33 cm. Kulit pohonnya kasar berwarna putih. Daun rantingnya lonjong bergerigi dan ujung lancip. Daun menteng memiliki panjang 8-15 cm, lebar 2-6 cm.

Buah menteng dan keterangannya saat sudah masak semula berwarna hijau berubah menjadi kekuningan. Daging buahnya merah dan putih. Buah menteng tersebar ke Asia Tenggara khususnya Menteng jawa Barat. Habitat asli buah ini berada di tanah kering, berpasir berisi tanah liat. Bunganya tumbuh di bulan Oktober sampai dengan Desember, musim panennya bulan Januari sampai dengan Maret. Buah musiman, berbuah di musim tertentu.


Buah menteng dan keterangannya memilki banyak manfaat. Batang buah keras dapat menjadikan perabot rumah tangga. Kulit pohonnya dapat dijadikan obat diare dan memperlancar haid wanita.  Kandungan seperti kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Buah menteng ini bermanfaat untuk asinan atau manisan, dapat memmproduksi sel darah merah, menjaga keseimbangan tubuh, untuk kesehatan tulang dan gigi, menyimpan energi dalam tubuh.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Buah Menteng dan Keterangannya Secara Praktis"

Posting Komentar